Mulai dari Sesuatu yang Kecil

“Untuk membuat sesuatu yang besar kita harus melakukan sesuatu yang kecil terlebih dahulu.”

Saya lagi semangat banget nih buat nulis karena baru terinspirasi dari quote yang di atas. Sesuatu yang besar itu tidak harus selalu dimulai dengan yang besar pula. Kadang kita harus melakukan sesuatu yang kecil terlebih dahulu, dan jangan sepelekan apa-apa yang kecil karena kalau yang kecil-kecil itu dikumpulkan akan menjadi sesuatu yang besar juga nantinya.

Hal tersebut juga sangat berlaku di bidang bisnis, untuk mendapatkan untung yang besar kita harus bisa menerima untung yang kecil dulu, sabar dalam prosesnya dan harus bersyukur atas apa yang kita terima, karena sesuai janji Allah jika kita mensyukuri nikmat-Nya maka Allah akan tambahkan, tetapi jika kita mengkufuri nikmat-Nya niscaya azab-Nya sangat pedih. Dalam berbisnis jangan pernah remehin bisnis yang untungnya kecil mungkin untungnya cuma seribu atau dua ribu tapi gunakan logika pengusaha, jika ingin untung besar dari margin yang kecil maka kita harus memperbanyak jumlah pembelian produk kita, gak masalah untung seribu dua ribu tapi produk yang kejual seribu unit perhari kan jumlah profitnya bisa jadi satu juta per hari.

Contoh saya ingin menjadi internet marketer yang bisa menghasilkan jutaan dollar (aminkan saja dulu hehe) untuk itu saya harus memulai dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu, seperti ngisi konten di blog ini belajar jualan produk-produk orang lain. Kenapa jualan produk orang lain? Ya karena produksi sendiri itu ribet, dan kalau sudah terbiasa jualan produk orang lain kita juga bisa tahu produk yang seperti apa yang diinginkan konsumen di saat kita membuat produk sendiri nantinya.

Buat yang pengen bisnis tetapi masih belum memulai juga karena entah alasan apa yang sedang anda pikirkan, mungkin itu modal, atau produk apa yang akan dijual dan lain-lain. Kalau emang serius pengen bisnis saran saya ni mulai aja dulu just start, kalau udah mulai dan jalan nanti juga ngerti sendiri. Jangan beralasan modal belum ada, karena para pengusaha yang sekarang sukses pun memluainya dari modal yang terbatas dan sumber daya yang serba terbatas. Karena seperti quote yang di atas tadi “untuk menciptakan sesuatu yang besar harus dimulai dari sesuatu yang kecil” untuk menciptakan bisnis yang besar harus dimulai dari yang kecil-kecil dulu.

Pokoknya lakukan apa saja yang kamu bisa lakukan sekarang jangan tunggu sempurna baru mulai karena jika menunggu sempurna tidak akan pernah sempurna dan itu artinya kita tidak akan pernah memulai, mulai saja jangan pikirkan kedepannya akan bagus atau tidak, kemungkinan paling buruk jika kita sudah mulai terus bisnis kita bangkrut maka kita tidak gagal, kita hanya mengetahui cara yang salah untuk berbisnis, dan itu pengalaman yang sangat berharga bagi kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s