Lebih Baik Menolak

Saya baru aja liat infografis tentang “How to Work Hard without Burning Out”. Disitu ada point yang membuat saya tertarik dan menjadi kegelisahan saya selama ini. Salah satu pointnya menyebutkan “Don’t feel Guilty” yang artinya jangan merasa bersalah atau berdosa.

Memang selama ini saya sering gak enakan sama orang sehingga sering banget mengganggu fokus saya dalam mengerjakan sesuatu. Saya sering diajak keluar atau dimintain tolong sama temen dan kerabat saya, karena saya orangnya gak enakan maka semuanya saya iya kan saja padahal saya harus mengerjakan sesuatu yang lebih penting. Saya ngerasa bersalah banget kalau tidak membantu teman atau kerabat saya.

Dan setelah saya baca-baca ternyata hal tersebut bisa sangat mengganggu fokus saya, dan pekerjaan saya bisa menjadi terbengkalai. Ada satu quote yang menarik yang saya temukan dalam artikel ini http://edwardsuhadi.com/2016/05/walaupun-bos-kamu-brengsek-dan-gaji-kamu-kecil/ yaitu “I cannot be responsible for every single things in their lives, even though I love and I care deeply about them.”

Setalah menemukan hal yang saya cari-cari selama ini akhirnya saya mulai bisa membatasi dan mencoba berdamai dengan hati saya bahwa mereka akan baik-baik saja walaupun tidak ada saya karena mereka bisa menjaga diri mereka sendiri, dan hidup mereka sepenuhnya tanggung jawab mereka sendiri dan saya tidak bisa hanya memikirkan orang lain tanpa memikirkan masa depan saya.

Jadi buat kalian yang masih sering gak enakan sama orang, buat sekarang jangan semua di iyakan pilih saja mana yang memang benar-benar urgent dan tidak bisa ditinggal. Jangan meng “iya” kan semuanya karena seperti cerita saya tadi fokus dan pekerjaan kita akan terbengkalai sehingga apa yang kita lakukan tidak bisa maksimal dan masa depan kita yang menjadi taruhannya.

Jadi disini saya bukan menyarankan agar kita tidak berlaku baik dan tidak menolong orang lain, kita tetap menolong orang lain dan berlaku baik terhadap orang lain namun perhatikan juga diri kita sendiri, perhatikan tujuan kita masih ada yang lebih penting yang harus dikejar. Jangan sampai kita menjadi lilin yang mengorbankan dirinya hanya untuk penerangan tetapi jadilah lampu senter tidak selalu dipakai tetapi sangat worth it ketika diperlukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s